Nudira Learning Center

+62 852 2113 8651

nudiralearningcenter@gmail.com

Edit

Pengelolaan Kinerja Organisasi

Pengelolaan Kinerja Organisasi

Mengapa Mengelola Kinerja angat Penting?

Kinerja tenaga kerja sangat penting untuk kesuksesan sebuah perusahaan secara keseluruhan sehingga pemilik bisnis membutuhkan tenaga kerja yang mampu menyelesaikan pekerjaan secara efektif. Para manajer perlu memahami manfaat utama dari kinerja tenaga kerja sehingga mereka dapat mengembangkan metode yang konsisten dan obyektif untuk mengevaluasi kinerja tenaga kerja. Dengan melakukan  hal tersebut manajer dapat membantu menentukan kekuatan, kelemahan, dan potensi celah manajerial dalam organisasi bisnis.

Meskipun evaluasi kinerja bukanlah pekerjaan yang menyenangkan tetapi dapat membantu para manajer dalam menentukan tingkat kinerja untuk setiap tenaga kerja. Salah satu faktor terpenting dalam kinerja tenaga kerja adalah mencapai tujuan yakni bekerja secara efektif menyelesaikan pekerjaan dengan benar. Yaitu tenaga kerja yang berhasil memenuhi deadline pekerjaan, melakukan penjualan, atau membangun merek melalui interaksi pelanggan yang positif. Jika tenaga kerja tidak bekerja secara efektif maka konsumen akan merasa bahwa perusahaan tidak peduli dengan kebutuhan konsumen, dan kemudian konsumen akan beralih ke produk atau jasa di tempat lain. Cobalah membayangkan jika orang yang membuat laporan pelanggan selalu terlambat dalam menyelesaikan pekerjaannya, maka akan tampak tidak profesional, dan mungkin tidak kompeten.

Prinsip Dasar untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi

1.Mengetahui makna “Bekerja Yang Benar”

2.Memahami Bekerja sebagai Individual dan sebagai Team

3.Memahami Visi, Misi, dan Tujuan Organisasi

4.Mampu menyusun Kontak Kerja/Rencana Kerja (harian, mingguan, bulanan dan tahunan) dengan metode dan teknik strategis

5.Mampu menyusun Key Performance Indicators (KPI)

6.Mampu Memonitor Kinerja

 

Benefit Peserta Pelatihan:

1.Tenaga kerja mampu mengupayakan klarifikasi kinerja dan harapan perilaku, menawarkan peluang menggunakan waktu secara berkualitas, memperbaiki kinerja tim dan individual, mengusahakan penghargaan nonfinansial pada staf, membantu karyawan yang kinerjanya rendah, digunakan untuk mengembangkan individu, mendukung kepemimpinan, proses motivasi dan pengembangan tim, mengusahakan kerangka kerja untuk meninjau ulang kinerja dan tingkat kompensasi.

Memperjelas peran dan tujuan, mendorong dan mendukung untuk tampil baik, membantu pengembangan kemampuan dan kinerja, peluang menggunakan waktu secara berkualitas, dasar objektivitas dan kejujuran untuk mengukur kinerja, dan memformulasi tujuan dan rencana perbaikan cara bekerja dikelola dan dijalankan

Benefit Bagi Organisasi/Perusahaan:

1.Perusahaan mampu menyesuaikan tujuan organisasi dengan tujuan tim dan individu, memperbaiki kinerja , memotivasi pekerja, meningkatkan komitmen, mendukung nilai-nilai inti, memperbaiki proses pelatihan dan pengembangan, meningkatkan dasar ketrampilan, mengusahakan perbaikan dan pengembangan berkelanjutan, mengusahakan basis perencanaan  karier, membantu menahan pekerja terampil agar tidak pindah, mendukung inisiatif kualitas total dan pelayanan pelanggan, mendukung program perubahan budaya.

2.Pencapaian tujuan organisasi menunjukkan hasil kerja atau prestasi organsisasi dan menunjukkan kinerja organisasi.

3.Perusahaan mampu menjamin agar  aktivitas tersebut dapat mencapai hasil yang diharapkan, diperlukan upaya manajemen dalam pelaksanaan aktivitas para tenaga kerjanya.

4.Perusahaan mampu bagaimana mengelola seluruh kegiatan organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Siapa Yang Dapat Mengikuti Pelatihan?

1.Pegawai/staf/karyawan dari perusahaan BUMN, Swasta, maupun internasional di segala posisi maupun jabatan/level

2.Pegawai/staf/karyawan yang diharapkan memperbaiki performance organisasi atau perusahaannya, memperbaiki sikap-sikap terhadap pekerjaan, terhadap pimpinan atau sesama pegawai/staf/karyawan

3.Pegawai/staf/karyawan yang diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan kinerjanya